Jumat, 07 Juni 2013

Alat musik



Alat musik
alat musik adalah instrumen atau alat yang sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara                                                                   
Didalam memainkan sebuah lagu tentu harus ada yang mengiringinya agar terdengar lebih indah yaitu dengan alat musik. Alat musik dibedakan dalam 2 jenis, yaitu alat musik melodis dan alat musik ritmis.
1.       Alat musik melodis
Alat music melodis adalah alat music yang dapat menghasilkan melodi dari nada rendah sampai dengan nada tinggi. Contoh alat music melodis adalah gitar, piano, organ, portason, akordion, pianika, harmonica, seruling, recorder, glukenspil, belira, kecapi, bass, terompet, seksofon, tanjidor, bas betot, biola, dan masih banyak yang lain. Alat music melodi berfungsi untuk mengiringi sebuah lagu.
1.       Alat music ritmis
Alat music ritmis adalah jenis alat music yang berfungsi untuk membentuk irama lagu. Alat music ritmis tidak dapat menghasilkan bunyi melodi karena bunyinya hanya tunggal.
Alat music ini tidak mempunyai nada. Contoh alat music ritmis adalah ringbell, kastanyet, ketipung, kendang, tifa, triangle, rebana, tamborin, drum, simbal, snar dram, kentongan, bedug, dan sebagainya.
Dilihat dari cara memainkan alat musiknya, alat music dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu alat music airofon, idiofon, cordofon, dan membrafon.
no
AIROFON
idiofon
cordofon
membrafon
1
Seruling
piano
gitar
Ketipung
2
harmonika
gamelan
cak
Kendang
3
Terompet
Organ
Cik
Bedug
4
Pianika
Castanyet
Kencrung
Rebana
5
Tanjidor
Triangle
Cello
Tamborin
6
Seksofon
Saron
Bas
Tifa
7
recorder
Bende
Rebeb
Drum
8

Gong
Biola
Snar drum
9

Kulintang
Kecapi

10

angklung
harpa


Alat music airofon adalah alat music yang dapat mengeluarkan bunyi karena adanya udara.
Alat music idiofon adalah alat music yang berbunyi karena mendapat pukulan.
Alat music cardofon adalah alat music yang berbunyi karena dawai atau senar yang brgetar.
Alat music membrafon adalah alat music yang berbunyi karena adanya selaput atau lapisan tipis yang bergetar.

2 komentar:

  1. Ape Metal Art by Merkur – Shaved On Ape Metal Art
    The iconic Merkur safety razor titanium piercing jewelry is part of the Merkur line of Merkur's graphite titanium babyliss pro newest and most popular titanium ore safety razors. Merkur 34C Safety Razor. Merkur 34C titanium rod in femur complications Safety Razor. citizen promaster titanium

    BalasHapus
  2. I enjoyed reading this article it has the best content. I recommend it as a must read for everyone. I am sure you will enjoy too. Take my online class

    BalasHapus